Cara Riset siapa Calon Konsumen Bisnismu

Peribahasa yang mengatakan, "Tak Kenal, maka Tak Sayang" sangat cocok digunakan juga untuk berbisnis. Artinya apa..? Kalau Kita in...

Strategi BisnisPeribahasa yang mengatakan, "Tak Kenal, maka Tak Sayang" sangat cocok digunakan juga untuk berbisnis. Artinya apa..? Kalau Kita ingin bisa mengerti apa yang menjadi keinginan dari konsumen Kita, maka Kita harus melihat pasar melalui sudut pandang sebagai konsumen. Kita harus meriset siapa calon konsumen bisnis Kita. Dengan demikian akan tercipta komunikasi yang nyambung.

Jika Kita sudah melakukan riset kompetitor bisnis yang juga Kita tekuni, Kita akan melihat, ternyata meskipun banyak pebisnis di niche yang sama, tapi banyak yang tidak fokus. Bahkan pemain besar yang sudah memiliki merek terkenal pun tidak terlalu fokus di sub-niche tertentu. OKE..!! Kita langsung praktek... Untuk bisa menggunakan sudut pandang konsumen, kita harus mengenal konsumen lebih dalam. Caranya adalah dengan membuat daftar pertanyaan sebagai berikut :
  1. Apa yang mereka lihat ?
  2. Apa yang mereka dengar ?
  3. Apa yang mereka pikirkan ?
  4. Apa yang mereka rasakan ?
  5. Apa yang menjadi keinginan terbesar mereka ?
  6. Apa yang menjadi kendala bagi mereka untuk mencapai keinginan tersebut ?
Setiap pertanyaan di atas akan memiliki banyak jawaban. Bahkan sebaiknya sebanyak- banyaknya. Jawabannya harus menggunakan sudut pandang konsumen. Kita akan takjub ketika memiliki jawaban yang sesuai dengan sudut pandang konsumen kamu. Kita akan bisa menyimpulkan apa yang menjadi perhatian dari calon konsumen Kita.

Contoh sub-niche mengenai “obat pelangsing”. Kita akan menjawab pertanyaan-pertanyaan di atas berdasarkan sudut pandang konsumen. Kita bisa mencari di google untuk mendapatkan ide mengenai jawaban- jawabannya. Dalam kasus ini, Kita tinggal mengetikkan di google “cerita mengenai tubuh yang langsing”, maka banyak yang bisa disimpulkan.

 Strategi Bisnis


1. Apa yang biasa mereka lihat?
  • Iklan obat pelangsing dimana- mana, tv, majalah, koran, internet, dll.
  • Orang lain memiliki tubuh yang indah dan ideal.
  • Bintang iklan memiliki tubug yang sehat dan langsing.
  • Banyak teman- temannya menggunakan produk pelangsing sehat.
  • Keluarganya menggunakan produk pelangsing sehat.
  • Efek negatif dari penggunaan produk pelangsing (tubuh lemas, mudah lelah, lapar, dll).
  • Efek positif dari penggunaan produk pelangsing (bentuk tubuh menjadi lebih ideal dan proporsional).
  • Banyak alternatif bentuk produk pelangsing (obat, herbal, perawatan salon, suntik, bedah, dll).
2. Apa yang mereka dengar?
  •  Ada produk pelangsing yang bagus dan aman
  •  Ada produk pelangsing yang kurang aman atau tidak cocok, bahkan merusak tubuh
  •  Biaya yang tidak sedikit untuk hasil yang maksimal
  •  Harus memiliki gaya hidup yang sehat
3. Apa yang mereka pikirkan?
  • Tidak punya waktu atau kemauan untuk program yang ribet.
  • Mungkin karena kesibukan dengan anak dan keluarga, atau dengan kegiatan kantor/kerja
  • Biaya yang harus dikeluarkan untuk program diet

4. Apa yang mereka rasakan?
  • Kurang percaya diri dengan tubuh yang gemuk
  • Takut resiko yang akan terjadi dari program diet
  • Takut tidak cocok dengan produk pelangsing

5. Apa yang menjadi keinginan terbesar mereka?
  • Memiliki tubuh yang langsing, indah, dan proporsional
  • Kalau bisa tanpa usaha ekstra yang merepotkan
  • Kalau bisa tanpa biaya yang mahal
  • Tidak mau ada efek samping yang bisa ditimbulkan dari perawatan
  • Mengetahui program apa yang paling cocok dengan mereka
  • Lebih banyak warna pakaian yang cocok dengan tubuh yang ideal

6. Apa yang menjadi kendala bagi mereka untuk mencapai keinginan tersebut?
  • Minimnya pengetahuan mengenai diet dan cara melakukannya dengan benar
  • Cara apa yang paling ampuh untuk diet dengan sehat
  • Tidak ada tempat konsultasi yang responsif
  • Sulit menemukan informasi yang lengkap terkait program diet sehat

Nah, ternyata ada banyak informasi yang kita dapat dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan di atas. Dengan berbekal informasi di atas lah, kita bisa membangun komunikasi yang baik dengan konsumen.Ternyata.... orang yang ingin tubuhnya langsing itu memiliki sedikit masalah dengan rasa percaya diri ya... Saya juga baru tahu setelah melakukan riset untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan di atas.

Kita juga bisa googling dengan kata kunci “kendala melangsingkan tubuh”. Atau kalau Kita jualan fashion, bisa menggunakan keyword “kesulitan menemukan model pakaian yang cocok”. Intinya adalah pahami kendala- kendala atau kesulitan-kesulitan yang dialami oleh calon konsumen Kita

Dengan melakukan riset untuk mengenali calon konsumen seperti ini, Kita justru sudah menentukan dari awal, siapa saja sih yang Kita inginkan untuk menjadi konsumen kamu. Orang yang seperti apa.... Orang yang memiliki problem apa.

Jadi dengan begitu, ketika kamu menulis sebuah penawaran atau iklan, tulisan kamu itu akan langsung menyaring orang yang membutuhkan produk kamu. Orang yang tidak sesuai dengan kriteriamu, tidak akan masuk ke dalam lingkaranmu.

Hal ini akan menjadikan konversi penjualanmu meningkat. Karena kamu akan bisa berkomunikasi dengan cara yang tepat ke konsumen kamu. Dengan memiliki pengetahuan yang mendalam mengenai konsumen, kamu sudah memenangkan persaingan sebelum kamu memulai. Berbeda halnya kalau Kita tidak mengenal konsumen, Kamu akan kalah sebelum bertanding.

Dengan memiliki modal riset yang sudah kita lakukan, maka pekerjaan Kita sudah selesai setengahnya. Berikutnya tinggal mengaplikasikan hasil riset untuk membuat penawaran kepada calon konsumen.

Kami sangat menyarankan untuk memberi perhatian yang utama untuk melakukan riset terlebih dahulu. Jangan langsung jualan atau berbisnis. Riset ini memakan waktu. Tapi memang membangun bisnis yang baik itu memakan waktu. Tidak sembarangan. Baik itu bisnis online lokal, ataupun bisnis online. Baik itu bisnis menggunakan BBM ataupun menggunakan email.

Semua perusahaan yang memiliki bisnis besar di dunia melakukan riset untuk menentukan arah langkah mereka. Kalau Kita ingin memiliki bisnis yang menguntungkan, stabil, dan tahan lama, Kita juga harus melakukan riset terlebih dahulu sebelum melangkah.

Pertempuran bisnis di luar sana sudah dimulai bahkan sebelum Kita mulai membuat penawaran ke calon konsumen. Semua bisnis seperti itu. Termasuk bisnis online. Kita harus memahami dimana medan pertempurannya, yaitu riset pangsa pasar. Kemudian Kita harus tahu siapa musuh kamu, yaitu riset kompetitor. Dan yang utama, kamu harus mempersiapkan senjata yang tepat, yaitu dengan mengenal siapa calon konsumen kamu.

Semoga Bermanfaat

COMMENTS

Name

3 Faktor yang Menentukan SERP,1,7 Kunci Membangun Bisnis Besar,1,Apa itu domain,1,Apa itu Dropbox.?,1,Apa itu Indexing Backlink ?,1,Apa itu konversi Penjualan,1,Apa itu Pagerank,1,Apa itu PBN,3,Apa itu SEO pada Blog,2,Apa itu spin text,1,Apa itu Website Authority,2,Apa itu yang Dimaksud Web 2.0,2,Apa yang dimaksud Contextual Link,1,Apa yang Dimaksud dengan Bounce Rate,1,Aplikasi Android,1,Aplikasi Wajib Android untuk Pebisnis Online dan Online Shop,1,Backlink SEO,8,Backlink untuk SEO,13,Banjir Order dari Bisnis Training Internet Marketing,1,Belajar BBM Marketing,1,Belajar Bisnis Online,48,Belajar Blog,7,Belajar Cara Buat Artikel,3,Belajar Cara Menggunakan Pinterest,1,Belajar Copywriting,1,Belajar Email Marketing,1,Belajar Export Import,1,Belajar Facebook Marketing,7,Belajar Flickr,1,Belajar Google Maps,1,Belajar Google Plus,1,Belajar Instagram Marketing,1,Belajar Instagram Marketing untuk Pemula,1,Belajar Internet Marketing,4,Belajar jadi Reseller dan Dropshipper,2,Belajar Marketing Online,11,Belajar Membuat Blog,3,Belajar Pasang Iklan,1,Belajar Pemasaran Produk,10,Belajar Pinterest,1,Belajar Power Point,1,Belajar SEO,24,Belajar SEO Online,23,Belajar SEO Pemula,17,Belajar Social Media Marketing,2,Belajar Spin Text,1,belajar Strategi Pemasaran Produk,9,Belajar Video Marketing,1,Belajar Website Authority,3,Berbagai Tipe Backlink untuk SEO Blog,5,Bisnis di Bulan ramadhan,1,Bisnis Online Terbaik,1,Bisnis yang Menguntungkan,1,Bisnis yang Ramai di Bulan Ramadhan,1,BLOGSPOT,6,Blogspot template,1,Bounce Rate,1,Branding Produk,1,Cara Agar Blog Cepat Terindex Google,1,Cara agar Blog Kita tidak di Copy Paste,1,Cara Agar FB Ads kita tak kena AME,1,Cara agar Iklan Kita tidak Ditolak Konsumen,3,Cara agar Produk Dagangan Kita Laris,1,cara agar tulisan tidak di copy paste,1,Cara Belajar Bisnis Online,14,Cara Bisnis dengan Dropshipping,1,Cara Bisnis Online,3,Cara capture Gambar dari Kayar Monitor,1,Cara Cepat agar Wesbite No 1 di Google,1,Cara Internet Marketer Dapatkan 1 Milyar dari Bisnis Online,1,Cara Jitu Masuk Halaman 1 Google,1,Cara Komunikasi dengan Konsumen Olshop,1,Cara Masuk halaman 1 Google,1,Cara Membuat Banner,1,Cara Membuat Banner Mudah dengan Power Point,1,Cara Membuat Blog,2,Cara Membuat Blog Gratis Wordpress,1,Cara Membuat Blog Gratisan,2,Cara Membuat CV Kreatif,1,Cara Membuat CV Lamaran Kerja yang Baik Menarik,1,cara Membuat CV Online,1,Cara Membuat CV Perusahaan,1,Cara Membuat Google Maps untuk Bisnis,1,Cara Membuat Judul Blog,1,Cara Membuat Kartu Kredit BCA,1,Cara Membuat Kartu Kredit BNI,1,Cara Membuat Kartu Kredit BRI,1,Cara Membuat Kartu Kredit dengan Mudah,1,Cara Membuat Kartu Kredit MANDIRI,1,Cara Membuat Spin Text,1,Cara Membuat Tombol Share Facebook,1,Cara Membuat Tombol Social Sharing Blogger,1,Cara Membuat Video,1,Cara Membuat Video Mudah dengan Power Point,1,Cara Membuat Website Authority,2,Cara Membuka Situs yang Diblokir,1,Cara Memilih Nama Domain yang SEO Friendly,1,Cara Mencari Backlink dengan Cepat,2,Cara Mencari Ide Bisnis,7,Cara Mencari Teman Tertarget di Facebook,1,Cara Mendapatkan Backlink Edu Guestbook,1,Cara Mengambil Gambar dari Layar Komputer,2,Cara Mengatasi AME di Facebook Ads,1,Cara Mengetahui Kecepatan Loading Blog,1,Cara Mengetahui Produk Bisnis Kita Bagus atau Tidak,1,Cara Menggunakan Pinterest untuk Bisnis,1,Cara Menggunakan Pinterest untuk Jualan,1,cara menghindari copy paste,1,Cara Mengotimasi Gambar dengan Flickr,1,Cara Meniru Backlink Website Kompetior,1,Cara Menyimpan Data dengan Dropbox,1,Cara Mndapatkan Uang dari Internet,1,Cara Optimasi Google Plus untuk SEO,1,Cara Pasang Iklan di Facebook Ads,5,Cara Promosi Produk Bisnis di Internet,4,Cara Riset Kompetitor Bisis Kita,1,Cara Riset Produk ke Luar Negeri,1,Cara Riset siapa Calon Konsumen Bisnismu,1,Closing Order,1,Daftar Free Blog Network Web 2.0,1,Daftar Social Bookmark Dofollow,1,Domain,1,domain adalah,1,domain yang SEO friendly,1,Download,3,Format penulisan spin text,1,Free Download Facebook Marketing Tools,1,Free Download Product Graphic Design,2,Holtikultura,1,Ide Peluang Usaha,7,Ide Usaha,6,Info Tani,3,Internet Millionare Webinar by Andry Salim,1,Konversi Penjualan adalah,1,Kriteria Bisnis yang Baik dan Menguntungkan,1,kURIKULUM 2013,21,Magazine Blogspot template,1,Managemen Admin Karyawan,1,Manfaat Kegunaan PBN untuk SEO,3,Memahami Apa yang Konsumen Butuhkan,1,Mencari Ide Usaha,5,Mencari Sumber Backlink SEO dengan Footprint,1,Mengapa Reseller Dropshipper Gagal Menjual Produk,2,Miniatur Sepeda Onthel,2,Optimasi Beberapa Kata Kunci,2,Optimasi Kata Kunci dengan Search Box,1,Optimasi Pinterest,1,Pagerank adalah,1,Peluang Bisnis,3,Peluang Usaha Bisnis,1,Peluang Usaha Rumahan,2,Peluang Usaha Sampingan,5,Pentingnya Promosi,1,Persiapan Awal Sebelum Membuat Blog,1,Pilih Email Marketing atau Social Media Marketing,1,Pilih Iklan dengan FB Ads atau Google Adwords,1,Product Graphic Design,2,Product Internet Marketing,1,Promosi di Internet,3,Rekening Online,4,Riset,2,RPP,2,script anti copy paste blog,1,Sekolah,3,Seminar Bisnis,1,Seminar Bisnis Online di Magelang,1,Seminar Wirausaha,1,SEO,2,SEO adalah,1,SEO pada blog,4,SEO pada website,5,SERTIFIKASI,3,Silabus,2,Social Bookmark,1,Souvenir Unik dan Murah,2,Souvenir Unik dan Murah di Jogja,1,Souvenir Unik Miniatur Sepeda Onthel,2,Strategi dan Cara Membuat Website Authority,1,Strategi Efisiensi dalam Beriklan,2,Strategi Link Building SEO Offpage,2,Strategi Marketing : Kemasan Kecil atau Besar,1,Strategi Membuat Blog yang TerOPTIMASI,1,Strategi Membuat Sitewide Backlink,1,Strategi Memilih Niche Bisnis,1,Strategi Menghadapi Algoritma Google Panda,1,Strategi Pasang Iklan Facebook Ads,1,Strategi SEO Perusahaan Besar,1,Tahapan Menjadi Pebisnis Online,1,Tas Kulit Asli,1,Tas Kulit Pria,1,Tas Kulit Wanita,1,Teknik SEO untuk Toko Online,1,Template,1,template Blogspot Seo Friendly,1,Template Magazine Blogspot Terbaik,1,TIK,11,Tips Internet Marketing,11,TIPS TRIK BLOGGER,1,Tools Bisnis Online,1,Tools Cara Riset Keyword atau Kata Kunci,1,UJIAN PRAKTEK 2014,2,Video Kopdar Imers Kediri dengan Agus Piranhamas,1,Video Teknik Soft Selling dan List building,1,Web 2.0,2,Webinar 6 Kunci Sukses Berdagang dengan BBM,1,Webinar Cara Jitu Masuk Halaman 1 Google By Isparmo SEO,1,Webinar Gratis,10,Webinar Rocket Marketing Bersama Zeheskiel Zebua,1,Webinar Total Facebook Marketing by Nofi bayu,1,
ltr
item
RAHASIA BLOGGER TERBARU: Cara Riset siapa Calon Konsumen Bisnismu
Cara Riset siapa Calon Konsumen Bisnismu
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjVK_0FDNGziVogO89mWicQ6gfzrxT2D9vSlP1E3Wp5fl5Q_EEJJ3mtIW4PBDmqDqgv663t0JLVuy091ybutk9D3t_Dp69t3LNf5ESLRmBVkFKJx9g0E8Aq9n7HkehqP7iVDAf4L8-QVmLY/s1600/Stratrgi+Bisnis+1.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjVK_0FDNGziVogO89mWicQ6gfzrxT2D9vSlP1E3Wp5fl5Q_EEJJ3mtIW4PBDmqDqgv663t0JLVuy091ybutk9D3t_Dp69t3LNf5ESLRmBVkFKJx9g0E8Aq9n7HkehqP7iVDAf4L8-QVmLY/s72-c/Stratrgi+Bisnis+1.jpg
RAHASIA BLOGGER TERBARU
https://rahasiabloggernew.blogspot.com/2014/07/cara-riset-siapa-calon-konsumen-bisnismu.html
https://rahasiabloggernew.blogspot.com/
http://rahasiabloggernew.blogspot.com/
http://rahasiabloggernew.blogspot.com/2014/07/cara-riset-siapa-calon-konsumen-bisnismu.html
true
5129454439139172180
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy